Pengertian jenis Backup dan Cara Backup dalam UNBK – Seringkali kita mendengar kata Backup dalam pelaksanaan UNBK. Bahkan dari proses instalasi VHD sudah ada yang namanya Backup. Sebagai seorang proktor tetunya harus paham perihal seluk beluk UNBK ini. Karena jalan atau tidak UNBK di sekolah itu bergantung pada proktor.

Pengertian jenis Backup dan Cara Backup dalam UNBK Pengertian jenis Backup dan Cara Backup dalam UNBK

Jika kita mendengar kata Backup, apa yang muncul di pikiran anda ? 

Jika mendengar kata Backup niscaya yang muncul yaitu cadangan, mengamankan, menciptakan salinan sesuatu hal. Tepat sekali semua itu benar lantaran Backup adalah proses menciptakan data cadangan dengan cara menyalin atau menciptakan arsip data komputer sehingga data tersebut sanggup dipakai kembali apabila terjadi kerusakan atau kehilangan.

Makara Backup ini sangat penting dan harus dilakukan oleh proktor lantaran insiden yang tidak kita inginkan suatu ketika kemungkinan sanggup terjadi tanpa kita ketahui. Dalam artian lain kita mencari kondusif dari bahaya kerusakan perangkat yang disebabkan oleh user error atau perangkat error.

Dalam UNBK terdapat beberapa jenis istilah Backup. Namun pada dasarnya sama mengamankan, nah yang membedakan itu yang diamankan dan pada pecahan apa yang diamankan itu.

Berikut ini adalah Pengertian jenis Backup dan Cara Backup dalam UNBK, Kami sengaja mengulasnya supaya semua proktor tidak lupa dan tahu perihal Backup .

Pengertian jenis Backup dan Cara Backup dalam UNBK


1. BACK Up Database 

Backup Database yaitu Membackup data pelaksanaan ujian sesudah selesai Ujian. Bentuk File dari hasil backup ini yaitu file berekstensi .Source 
Cara membackupnya dari sajian Backup & Hapus di CBT admin. (Kepada proktor Jangan sekali – kali klik Hapus kalau muncul sajian Hapus nya. Proses Hapus hanya dilakukan satu kali ketika sebelum proses singkronisasi)
Selanjutnya Klik Unduh.
Pastikan sudah terunduh dengan baik 
Simpan kedalah folder Khusus dan di rename filenya sesuai pelaksanaan Ujian

2. Backup Laporan Ujian

Backup laporan ujian yaitu membackup Hasil Ujian (pekerjaan penerima Ujian) sesudah pelaksanaan Ujian Berakhir. 
Membackup nya dari Menu Laporan di Cbt Admin (Isikan data pelaksanaan) 
Bisa dilakukan Setelah SEMUA UJIAN TELAH SELESAI DIKERJAKAN dan STATUS TERUPLOAD SEMUA. 
Backup laporan berupa file Excell, Word, dan pdf 

3. Back Up VHD 

Backup VHD yaitu proses mengcopy File VHD* yang Digunakan ketika sudah selesai dan sukses Singkronisasi. 
Cara membackup yakni mengcopy VHD ke HDD external dan atau Lokasi (folder) lain sacara utuh 
Membackup VHD pastikan tidak dalam keadaan Sedang digunakan/berjalan. lakukan backup VHD dengan keadaan mati Atau VM mati / tidak sedang berjalan di VM .
Tambahan : Membackup VHD sesudah ujian selesai sanggup dilakukan perhari. Makara sesudah pelaksanan Ujian kita mengcopy vhd, hari berikutnya kita juga copy vhd lagi hingga ujian selesai. ( Hal ini supaya lebih ekstra tingkat kemananya)

Manfaat Backup dalam UNBK

Bakcup penting Untuk Berjaga dari resiko 
  1. Perserta tidak keluar Nilai 
  2. Peserta dianggap tidak mengikuti Ujian 
  3. Data data pelaksanaan ujian tidak ada 
  4. Gagal Pelaksanaan Ujian 
Sekali lagi kami ingatkan bahwa Backup yaitu hal penting yang harus dilakukan, supaya jikalau suatu ketika terhadi error atau duduk perkara lainnya kita masih memiliki pengganti yang masih bagus. 

Baiklah pembahasan tentang Pengertian jenis Backup dan Cara Backup dalam UNBK kami akhiri hingga disini. Semoga apa yang kami sampaikan ini sanggup bermanfaat bagi kita semua. 
Jangan lupa share artikel ini ke group – group proktor yang ada di sosial media. supaya menerima pengalaman perihal backup. Apabila terdapat kata yang kurang berkenan dalam penyampaian artikel kami mohon maaf. Akhir kata kami ucapkan terima kasih.


Sumber: emissimpatikazone