Silabus Kurikulum 2013 SMP / MTs Kelas VII, VIII, IX Lengkap Bab Revisi

 adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih Silabus Kurikulum 2013 SMP / MTs Kelas VII, VIII, IX Lengkap Bab Revisi
Silabus Kurikulum 2013 SMP / MTs Kelas VII, VIII, IX Lengkap Bab Revisi

Silabus Kurikulum 2013 SMP / MTs Kelas VII, VIII, IX Lengkap Bab Revisi
– Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. Selanjutnya menurut Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 lampiran IV tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran, tahapan pertama dalam pembelajaran menurut standar proses adalah perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan peyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu mengacu pada silabus.
Barangkali anda mencari informasi terkait :

Download RKJM Terbaru Tahun 2018

Program Kerja Waka Kurikulum 2018

CONTOH RENCANA KEGIATAN SEKOLAH (RKS) TERBARU TAHUN 2018

rpp pjok smp kelas 7 kurikulum 2013 revisi 2018

Format agenda harian guru kurikulum 2013 terbaru

1. Tujuan dan Fungsi RPP
Tujuan rencana pelaksanaan pembelajaran adalah untuk :
(1)  mempermudah, memperlancar dan meningkatkan hasil proses belajar mengajar;
(2)  dengan menyusun rencana pembelajaran secara profesional, sistematis dan berdaya guna, maka guru akan mampu melihat, mengamati, menganalisis, dan memprediksi program pembelajaran sebagai kerangka kerja yang logis dan terencana.
2. Prinsip-Prinsip Penyusunan RPP
Ada beberapa prinsip penyusunan RPP yang perlu diperhatikan dalam proses penyusunan/perancangan RPP, diantaranya:
a)Memperhatikan perbedaan individu peserta didik RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
b) Mendorong partisipasi aktif peserta didik Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mendorong motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar.
c)Mengembangkan budaya membaca dan menulis Proses pembelajaran dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
d)Memberikan umpan balik dan tindak lanjut. RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
e)Keterkaitan dan keterpaduan. RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara SK, KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
f)Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi. RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
2. Unsur-unsur yang Perlu Diperhatikan dalam Penyusunan RPP
Unsur-unsur yang perlu diperhatikan dalam penyususnan rencana pelaksanaan pembelajaran adalah :
a)Mengacu pada kompetensi dan kemampuan dasar yang harus dikuasai siswa, serta materi dan submateri pembelajaran, pengalaman belajar yang telah dikembangkan didalam silabus;
b)Menggunakan berbagai pendekatan yang sesuai dengan materi yang memberikan kecakapan hidup (life skill) sesuai dengan permasalahan dan lingkungan sehari-hari;
c)Menggunakan metode dan media yang sesuai, yang mendekatkan siswa dengan pengalaman langsung;
d)Penilaian dengan system pengujian menyeluruh dan berkelanjutan didasarkan pada system pengujian yang dikembangkan selaras dengan pengembangan silabus.

Silabus Kurikulum 2013 SMP / MTs Kelas VII, VIII, IX Lengkap Bab Revisi

Silabus Kurikulum 2013 SMP / MTs Kelas VII, VIII, IX Lengkap Bab Revisi Silahkan download pada tautan link dibawah ini:

Download Silabus IPA

Download Silabus IPS

Download Silabus Matematika

Download Silabus PPKn

Download Silabus Pend. Agama Islam

Download Silabus Pend. Agama Kristen

Download Silabus Pend. Agama Katolik

Download Silabus Pend. Agama Hindu

Download Silabus Pend. Agama Budha

Download Silabus Pend. Agama Konghucu

Download Silabus Bahasa Indonesia

Download Silabus Bahasa Inggris

Download Silabus Seni Budaya

Download Silabus PJOK

Download Silabus Prakarya

Download Silabus Bahasa Arab

Download Silabus Fiqih

Download Silabus SKI

Download Silabus Al-Qur’an Hadits

Download Silabus Aqidah Akhlak

Download Silabus PLH 

Demikian artikel Silabus Kurikulum 2013 SMP / MTs Kelas VII, VIII, IX Lengkap Bab Revisi ini saya buat, semoga dapat bapak ibu gunakan sebagai contoh dalam pembeuatan Silabus Kurikulum 2013 SMP / MTs Kelas VII, VIII, IX Lengkap Bab Revisi Terima kasih.

Download RKJM Terbaru Tahun 2018

Program Kerja Waka Kurikulum 2018

CONTOH RENCANA KEGIATAN SEKOLAH (RKS) TERBARU TAHUN 2018

rpp pjok smp kelas 7 kurikulum 2013 revisi 2018

Format agenda harian guru kurikulum 2013 terbaru

Silabus Kurikulum 2013 SMP / MTs Kelas VII, VIII, IX Lengkap Bab Revisi memiliki keterkaitan dengan artikel dibawah ini:
perangkat pembelajaran kurikulum 2013 smp revisi 2017
perangkat pembelajaran kurikulum 2013 smp revisi 2016 pdf
perangkat pembelajaran smp kurikulum 2013 doc
perangkat pembelajaran kurikulum 2013 smp revisi 2017 doc
download rpp seni budaya smp kurikulum 2013 lengkap
perangkat pembelajaran kurikulum 2013 smp kelas 9
rpp kurikulum 2013 smp pdf
perangkat pembelajaran kurikulum 2013 smp revisi 2017 pdf